Yuk Pahami Oli Samping Yang Sesuai Untuk Mesin Kompetisi

rollingspeedlogo

Dragbike.id (Bandung) – Pasti banyak dari kalian yang sudah paham betul seberapakah pentingnya oli samping di mesin 2T, pelumas yang bekerja untuk melindungi gesekan antar dinding borng dengan piston ini tak boleh memakai pelumas sembarangan. Apalagi di mesin kompetisi drag bike yang boleh di bilang menomorduakan ketahanan mesin, makanya dari itu untuk mesin kompetisi ga boleh asal pakai

Pada dasarnya, semua oli samping itu bagus untuk di pakai di mesin 2T, namun untuk pemakaian mesin kompetisi khususnya dragbike, di butuhkan oli samping yang memiliki kandungan “synthetic 100% dan Ester”, kandungan tersebut bertugas untuk menjaga permukaan piston yang bekerja lebih berat ketimbang mesin std pada umumnya. Dan banyak juga kejadian piston jadi macet akibat pemilihan oli samping yang tidak sesuai untuk pemakaian kompetisi.

Synthetic dan ester adalah sarat wajib untuk oli samping kompetisi ” Kedua bahan ini lebih mudah tercampur dgn bahan bakar, tidak menimbul kan kerak yang belebih, pembakaran di ruang bakar jauh lebih bersih yang berakibat naik turun piston semakin licin ” Beber Dono dari Iphone Oil Indonesia

Di pasaran sering kita temui oli samping yang pake embel embel racing namun komponen Synthetic dan Ester tek di temui di dalam komposisi oli sampng tersebut. Hal ini justru berbahaya “ Mesin kompetisi itu butuh pelumasan yang optimal, nah di mesin 2T pelindung utama pada seher itu ada pada bahan Synthetic dan Ester. Apabila sebuah oli samping tidak menggunakan 2 komponen tersebut maka rawan terjadinya ngejem di seher. Akibatnya akan timbul lecet di dinding boring dan seher. Jadi jangan asal pilih oli samping ” tambahnya

Oli samping “Samourai” dari Ipone Oil 1003 Synthetic dan Ester

Sedikit promosi nih bro… Ipone Oil yang kini mulai merangsek ke pasaran di Indonesia menyediakan 2 komponen ini di dalam produk pelumasnya “Samourai Racing” yang di desain khusus untuk mesin tempur 2T di lengkapi Syntehtic 100% dan Ester. Terlebih oli samping ini di pakai di mesin motocross yang bertarung di ajang MX GP. Oli garapan Prancis yang teknologinya berasal dari jepang ini menjadi salah satu pilihan utama untuk dicoba di mesin kompetisi kalian. Soal harga pun tak perlu merogeh kocek dalam ” Oli samping ini di range harga 380rb untuk 1 liter tak jauh berbeda dengan merk yang lain seperti Castrol 747 dan Motul 800 ” Imbuh dono

Dan jangan lupa, perbandingan oli samping dengan bahan bakar ga boleh seenak jidat sendiri bro, ada takarannya. Biasanya perbandingan oli adalah 1:20 hingga 1:30 ( 1 Liter bahan bakar : 20ml oli samping) nah perbadingan di atas tentu berbeda di setiap merk oli samping | Penulis : Arfiadi

Comments

comments