Yuk Bikin Klep Lebih Enteng Dengan Teknik “Back Cut Valve”

Teknik Back Cut memperingan klep dan memperlancar air flow gas bahan bakar
rollingspeedlogo

Dragbike.id (Bandung) – Mungkin kalian sudah pernah dengar istilah “Back Cut Valve” ?? Teknik yang sudah tidak asing di telinga para tunner ini rupanya menjadi salah satu tips paling jitu untuk mendongkrak kinerja mesin agar lebih enteng mendapatkan tenaga yang maksimal. Back Cut valve atau bahasa awamnya memodifikasi kemiringan derajat bagian belakang klep ini rupanya tidak terlalu sulit untuk di lakukan. Teknin ini rupanya bisa di lakukan di tukang bubut biasa maupun di rumah dengan peralatan seadanya.

Sebenarnya untuk apa sih back cut valve tersebut ??? Fungsi utama dari back cut itu adalah untuk  memperingan bobot klep, sehingga menghindari terjadinya floathing (telat balik) akibat per klep yang loyo. Selain itu keuntungan yang lain ialah agar kinerja mekanis rocker arm (Pelatuk Klep) yang di gerakan oleh noken-as menjadi lebih ringan. Ujung ujungnya kerja nokenas menjadi lebih efisien. Selain itu AIR FLOW dari bahan bakar yang sudah di kabutkan menuju ruang bakar pun semakin sempurna. Hal ini di karenakan tidak terjadi benturan antara dinding siting klep dengan klep. Ujung ujungnya asupan campuran gas bahan bakar semakin kaya memenuhi ruang bakar.

Hal ini pun di benarkan oleh Muhamad Farid (Popo) dari Wahana Baru Motor yang mengatakan bahwa setiap garapannya selalu menggunakan teknik ini ” Semua motor yang di tunning pake teknik ini. Selain bikin bobot klep semakin ringan, Air flow pun semakin bagus. Ini di karenakan alur semakin lebih plong ” Ungkap mekanik yang buka markas di Jl. Ciwastra No 201 Bandung tersebut. Popo pun melanjutkan bahwa untuk modifikasi klep ini sebenernya ga perlu di bawa ke tukang bubut. Cukup menggunakan bor tangan, kikir dan amplas saja. Namun hasilnya tidak sebagus dengan menggunakan mesin bubut. Penasaran seperti apa sih modifikasi klep dengan teknik Back Cut ini ??? Yuk kita mulai.

Gunakan Bor dan Kikir untuk modif sederhana Back Cut
Gunakan Bor dan Kikir untuk modif sederhana Back Cut
  • Siapkan Bor Tangan Electrik
  • Masukan klep yang akan di modifikasi
  • Setelah klep sudah terpasang di bor, putar pelan pelan untuk melihat posisi klep center atau masih goyang. Usahakan klep se center mungkin.
  • Putar bor dengan pelan terlebih dahulu, Gunakan kikir untuk mengores ujung klep, usahakan menggunakan kikirr diamond/intan agar proses pembuatan luka di klep lebih ringan. Oh iya untuk bagian ini, luka yang di buat sebisa mungkin menciptakan kemiringan 30 derajat
  • Setelah luka/goresan klep sudah keliatan, siapkan amplas halus untuk finishing
  • gunakan putaran cepat saat kalian meng amplas bagian yang sudah di back cut tadi
  • setelah selesai, wajib di lakukan skir ulang agar sitingan dengan klep yg sudah di back cut tidak menimbulkan bocor

Nah untuk kalian yang sedikit males menggunakan teknik di atas, bisa melalui cara instan sob…….. Tentunya dengan ke presisian yang tinggi. Cukup bawa ke tukang bubut langganan kalian. Biasanya ga lebih dari 50RB untuk men back cut 1 pasang klep. Tapi teteppppppp cari tukang bubut yang berpengalaman dan terpercaya. Seperti bengkel bubut Putra Cikal Teknik yang berada di Jl. Raya Banjaran-Dayeuh Kolot Bandung (Depan Pabrik Unilon) yang sudah paham betul teknik di atas. Untuk ongkos pengerjaan nya pun terbilang murah, cuman 45RB untuk men back cut 1 pasang klep. Kualitas dan ke presisian terjamin karena sudah di percaya oleh para mekanik dunia drag bike di Indonesia yang bisa di kontek di no 0822-1603-3157

Apabila klep sudah di modif seperti di atas, bisa di pastikan bahwa putaran mesin semakin berkitir lebih cepat. Teknik ini sangat membantu lohhh, terlebih di drag bike waktu adalah segalanya. Tentu hal ini patut kalian coba. Mau ?????????? | Penulis : Arfiadi

Comments

comments