Modif : Yuk Kepoin Mesin Satria Fu 150CC STD Milik YB55 Yang Tak Pernah Putus Podium Di Lima Event Trakhir

rollingspeedlogo
Dragbike.id (Sleman)- Adu motor cepat di ajang bergengsi garapan AHRS IRC IDC seri 5 yang di helat di sirkuit NP jl. Parasamnya Sleman berlangsung sangat sengit. Selain di kelas perang kecepatan terjadi dikelas open, rupanya kelas suporting race yang tak sedikit penggemarnya terbilang cukup hotttt……… seperti di semisal kelas Fu std porting 150cc yang cukup menuai animo peserta yang melimpah tak kalah jauh dengan kelas open.
Havid "Tak pernah bongkar mesin sejak 4 event kebelakang "
Havid “Tak pernah bongkar mesin sejak 4 event kebelakang “

Kali ini DBI akan membahas motor garapan Havid Yusuf Bahtiar yang mengkomandoi Team Si Doel BB Speed YB#55 JRM yang di bawa oleh dragster handal asal Kebumen Febri Jenglot. Febri yang tampangnya jauh dari kesan menyeramkan ini berhasil menorehkan waktu 08.339 di lintasan basah (Wet Race), setelah melewati Nawa Klowor, Nanda Wijaya, Wildan Kecil Salatiga dan Gerry Percil. ” Mesin motor tidak mengalami banyak perubahan mas. Masih sama seperti balap balap sebelumnya. Paling cuman pengecekan dan service ringan saja jelang balap ” ucap Febri Jenglot

Hal ini ysng sama di anggukan oleh sang mekanik Havid ” Apa yang mesti di ganti/rubah to mas, wong dari 4 event kemarin keadaan mesin sama, paling kita service ringan karbu sama cek kerengangan sim klep. Head aja belum kita bongkar bongkar hehehe ” Kekeh Havid yang mengaku bahwa motor garapannya masih menggunakan Camshaft/Noken As asli bawaan motor yang sedikit di rubah untuk mendapati angka durasi 285 derajat. Sedangkan Klep IN dan OUT pun masih menggunakan diameter STD sesuai dengan regulasi kelas Fu std porting 150cc.

Pemilihan piston cbr diameter 64mm menjadi andalan mekanik asli Boyolali ini ” Saya pakai piston CBR Std karena minim gesekan di liner. Selain itu kompresi gampang saya seting di angka 13:1. Dan yang paling saya suka, coakan klepnya udah langsung ada 4 lubang jadi enak. Mesin tipekal berat di bawah karena kompresi rendah, oleh karena itu final gir saya pake yang enteng 12-43 ” lanjut sang mekanik yang memilih asupan bahan bakar dari Karbu Keihin PJ34 yang di gandeng mainjet 125 dan pilot jet 48. Lanjut ke pengapian, rupanya CDI Berlabel Kawahara menjadi pilihan mekanik bertubuh semampai ini. Untuk urusan pengeluaran gas akhir, Havid mempercayakan knalpot garapan Joyo Racing Muffler.

Hasilnya 4 event trakhir (Bremoro, Cilacap, Kebumen, Boyolali ) motor ini masih menjadi yang terbaik di kelas FU Std Porting. Di tambah hasil kemarin di Sleman membuat motor ini patut di waspadai. ” Yah semua ini bukan karena saya semua mas, tapi kami bisa jadi yang terbaik berkat kerja sama team yang solid, di tambah Febri mengerti betul akan kemampuan si motor. Jadi kami bisa jadi yang terbaik berkat kerja sama team yang baik pula ” Tutup havid yang berbisik bahwa motor garapannya tidak menelan biaya yang besar.. Wahhh bisa nih kapan kapan ngirim mesin dari sini hehehe…. | Penulis : Dodi.A

Data Spesifikasi

Klep : Std pabrik
Noken : Std pabrik
Seher : CBR diameter 64mm
Karbu   : Kihin PJ34
Mainjet : 125
Pilotjet : 48
CDI : KAWAHARA
knalpot : Joyo Racing Muffler
Ratio        : 1(12/30), 2(14/24), 3-4 std, 5(22/21) 6(24/21)
Final Gear : 12-43
Kompresi : 13.1
Mekanik : Havid YB
Pin bb : 2B152762
Alamat : Desa Dibal, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Comments

comments