DYNOTEST Itu Apaan Sih ???? (Part2)

rollingspeedlogo

Dragbike.id (Bandung) – Nahhh kemarin di artikel DYNOTEST Itu Apaan Sih ???? (Part1) sudah membahas sedikit pengertian apa itu dynotest, mungkin sebagian dari kalian sudah sedikit belum begitu paham atau malahan sudah mulai mengerti ?? Bukan bermaksud untuk menggurui, namun hanya ingin berbagi saja tentang teknologi yang sekarang lagi IN di dunia otomotif khususnya drag bike.

Nah kali ini DBI akan menjelaskan tentang mesin kerja dynotest, Mesin dynotest atau biasa di sebut Mesin Dyno rupanya memiliki beberapa varian/jenis. Apabila kalian beranggapan bahwa satu mesin Dyno, bisa di pakai oleh semua jenis kendaraan maka pola pikir kalian seperti itu sedikit melenceng. ” Memang benar mesin dynotest bisa di pakai oleh semua kendaraan baik itu untuk kendaraan harian/std maupun kompetisi/balap. Namun yang perlu di catat, setiap mesin dyno itu memiliki KAPASITAS OUTPUT MAXIMAL HP yang berbeda beda ” ucap H. Sandy Agung dari SND Racing yang kini sudah mempuyai fasilitas dynotest untuk pengembangan mesin motor

Beda kapasitas maximal output, beda pula data detail yang keluar

Contoh begini :
1 Mesin dyno yang memiliki max output (data keluar) 100HP
2 Mesin motor kompetisi yang memiliki nilai output 150Horse Power

“Mesin Dyno akan melakukan pengambilan data dari mesin motor kompetisi di atas. Mesin dyno tetap akan mengeluarkan hasil data setelah uji coba. Namun ke akuratan data tidak akan maksimal di karenakan mesin motor kompetisi tersebut lebih besar nilai outputnya karena memiliki 150HP, sedangkan mesin dyno hanya mampu mengukur data mesin sampai 100HP. Hal tersebut ber-efek data yang di hasilkan tidak akurat”

Namun berbeda cerita apabila mesin motor tersebut tidak melebihi batas maximal, contoh sebagai berikut :
1. Mesin Dyno yang memiliki max output (data keluar) 100HP
2. Mesin motor kompetisi yang memiliki nilai output max 90HP

“Makan hasil yang akan di peroleh dari pengambilan data mesin akan berjalan maksimal, ini di karenakan mesin motor kompetisi di atas tidak melebihi batas maximal output mesin dyno. Sehinggal hasil data akhir akan begitu akurat”

Namun biasanya mesin mesin dyno yang berada di Indonesia rata rata mempunyai nilai maximal 100-150HP. Rentang segitu tergolong aman untuk mendyno mulai dari motor bebek, matic, bahkan motor gede yang punya kapasitas mesin hingga 600cc “. Ujar pak haji Sandy yang alat dynotestnya sudah bisa di sewakan untuk umum.

Nahh untuk tulisan berikutnya akan di jelaskan proses cara mendyno. Soo tungguin aja yah……….. | Penulis : Arfiadi

 

Comments

comments