Cukup Bubut gearbox, Matic makin maju boss!!!

rollingspeedlogo rollingspeedlogo

Tips enteng dan iseng yang rada-rada berat. Rada berat kalau dikerjakan sendiri. Kalau mau ringan tinggal suruh mekanik bengkel untuk membongkarnya dan membawanya ke tukang bubut. Sudah selesai, itu matik jadi lebih enteng tarikannya.

Sebagaiknya pakai tracker untuk mencabut puli, di baliknya ada rasio

Caranya hanya mengurangi bobot gir rasio matik. Kalau di matik rasionya cuma dua gir. “Yang dikurangi bobot piringan rasio (lihat foto). Terutama pada coakannya. Kedalaman coakan ditambah 1 – 2 mm. Berkurangnya daging bikin enteng bobot rasio,” kata Elsar dari Bengkel Cargo di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Tinggal copot rasio dan dibawa ke tukang bubut

Walau pun epeknya tidak seperti ganti knalpot atau CDI, lumayan bikin akselerasi lebih laju. Eit, cara pengurangan bobot ini tinggal mengikuti got coakan aslinya. Pokoknya jangan sampai lewat 2 mm ke dalamnya, bisa tembus ke sebelah, hehe.

Bagi yang ingin mengerjakan sendiri ini urutannya. Harus membuka tutup oli gardan yang letaknya ada di bagian bawan CVT menggunakan kunci ring 12. Gunakan kunci T8 untuk membuka bak CVT. Siapkan kunci traker dan kunci sok/ring 24. Kunci mangkok dengan traker, buka mangkoknya dan slidingnya agar sabuk CVT tertekan ke bawah.

Siapkan kunci L5 untuk membuka tutup gir rasio. Setelah terbuka, tarik kedua gir dengan cara bersamaan. Hati-hati, masing-masing gir rasio mempunya ring yang berjumlah 3. Ring berbentuk kecil ada dua yang letaknya di belakang gir kecil pada main shaft . Satu ring besar letaknya ada di belakang rasio pada counter shaft.

Ya sudah tinggal membawa rasio ke tukang bubut. Tak habis dana Rp 50.000 untuk membubut bagian seperti cerita di atas

 

res : maniakmotor.com

Comments

comments