Awas Jangan Asal Bongkar Kruk-As!!!!

rollingspeedlogo

DBB – Buat yang hoby bongkar pasang mesin balap maupun harian pasti udah NGEH kalo ke PRESISI-AN antara part/komponen mesin satu dengan yang lain itu harus di jaga ( Bukan pacar aja yang harus di jaga ), melenceng sedikit bisa ambrul tuh mesin hehehe. APalagi klo udah Turun mesin, otomatis bagian bagian part harus di bongkar mulai dari koplin,kampas kopling sampe Kruk-AS. Nahhh untuk bagian KRUK-AS kalian mesti berhati hati sewaktu memisahkan antara Crank Case dan Kruk-as. Masih banyak mekanik yang ngebongkar bagian ini dengan cara di Pukul alias di DAGOR (red B.SUnda) Cara ini masih lazim di lakukan oleh mekanik yang belum ngerti cara kerja Kruk-as yang sensitif. Hayooooo ngakuuu siapa tuh yang sering mukul Kruk-as sewaktu misahin dari Crank Case ????????

Alat Khusus Pembuka Krukas Buatan Yongs Moto bandung
Alat Khusus Pembuka Krukas Buatan Yongs Moto bandung
Om Yong " Kruk-as Itu sensitif"
Om Yong ” Kruk-as Itu sensitif”

Kali ini DBB mendapatkan tips dapat dari Yongi Setiady atau akrab di sapa Om Yong (Yongs Motor Bandung) yang sudah ga perlu di ragukan lagi kemampuan dalam naik turun mesin. ” Fungsi alat ini untuk menghindari pemukulan Ujung kruk-as yang bisa menyebabkan kruk-as menjadi Goyang karena di pukul. Prinsipnya seperti Tracker pembuka magnet. Cukup memutar Baut yang menempel di beberapa bagian crank-case dan simsalabim kruk-as pun sudah terlepas. Jadi mau serapet apapun akan mudah terbuka oleh alat ini ” tutur om Yong. Untuk membuatnya pun ga ribet dan ga makan biaya terlalu banyak.

Untuk mekanik yang sudah paham betul dengan isi mesin. Memukul bagian part HARAM HUKUMNYA karena akan mengakibatkan ke presisi-an komponen di dalam mesin akan terganggu dan biasanya muncul gejala gejala seperti motor tidak bisa berjalan maximal, mesin bergetar geli geli basah, bunyi bunyi aneh hingga JEBOL…. ( amit amit……). Sebenernya gampang gampang susah buat misahin kedua part ini. Kadang ga perlu di pukul alias cukup di cabut dengan tangan udah bisa di copot karena kerapetan antara bearing krukas dengan dinding crank case tidak terlalu rapet. Berbeda dengan mesin Baru yang semuanya masih FRESH dan VIRGIN heheheheh pasti bagian kruk-as susah di buka karena masih rapet bin pageh.

Om yong pun menambahkan ” Ingat Kruk-as Itu part yang paling VITAL di mesin 2T maupun 4T ” apalagi untuk mesin kompetisi, Kruk-as mempunyai faktor yang penting. Kkalo kita salah bongkar bisa bisa kruk-as bisa GOYANG ITIK. Ujung ujungnya si motor ga akan bisa berlari maximal cuman gara gara kita nge getok kruk-as doang. Jadi berhati hati saat kita ngebongkar dan di perlurkan juga alat khusus untuk membuka part yang sulit untuk di bongkar. Om Yong pun menyediakan Toolkit ini, jadi buat kalian yang ga ada waktu atau ga ngerti proses bikinnya, bisa langsung sambangi YONGS Motor di Jl. Lengkong Kecil No. 44 atau bisa kontak beliau di 0811-222-828 | Arfiadi

Comments

comments